Kamis, 27 Agustus 2009

Tips CARA MENYUSUI

Tata cara menyusui yang baik itu bisa dipelajari dan yang terpenting ibu harus rileks berkonsentrasi mencurahkan perhatian kepada si mungil dalam dekapannya. Berikut ini beberapa panduan dari Dr Harini Susiana SpOG :

· Untuk menunjang keberhasilan menyusui, semasa hamil, putting susu ibu sebaiknya diperiksa kelenturanya.
· Biarkan bayi mengisap dengan kuat pada posisi menyusui yang benar. Hal ini akan memacu peregangan putting.
· Pada kondisi ASI terlalu penuh, sebaiknya keluarkan dulu dengan tangan agar payudara tidak terlalu keras. Kemudian susukan bayi dengan sedikit menekan pada bagian areola dengan jari sehingga membentuk dot.
· Menyusui bisa dilakukan dengan posisi duduk, berdiri, atau berbaring. Ada pula posisi khusus yang berkaitan dengan situasi tertentu, misalnya ibu pasca operasi sesar (bayi diletakkan disamping kepala ibu dan kaki di atas) atau menyusui bayi kembar. Pada ASI yang memancar (penuh), bayi ditengkurapkan di atas dada ibu, tangan ibu sedikit menahan kepala bayi. Dengan posisi ini, maka bayi tidak akan tersedak
· Sebelum mulai menyusui, ASI dikeluarkan sedikit, lalu oleskan pada putting susu dan oreola sekitarnya. Fungsinya sebagai disinfektan dan menjaga kelembaban putting susu (SINDO)

1 komentar: